Upaya pencarian pesawat AirAsia QZ8501 terus dilakukan. Hingga pukul 10.35 WIB, belum ada tanda-tanda temuan pesawat tersebut.
detikcom akan melaporkan secara update dari waktu ke waktu mengenai proses pencarian pesawat berpenumpang 155 orang tersebut. Anda bisa memantaunya di halaman ini setiap harinya.
Berikut beberapa peristiwa dan informasi yang terangkum hingga hari ini
Pukul 15.00 WIB

Dokumen perjalanan AirAsia QZ8501 rute Surabaya-Singapura yang hilang kontak pada Minggu (28/12) pukul 06.17 WIB dirilis Kementerian Perhubungan, Senin (29/12/2014). Dokumen perjalanan itu memuat tentang bahan bakar, penumpang, berat kargo dan kabin, bahan bakar hingga kelaikan pesawat. Ini daftar lengkapnya.
Pukul 14.18 WIB
Kadispen TNI AL Laksma Manahan Simorangkir menindaklanjuti kabar soal temuan objek diduga serpihan pesawat di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Ada KRI Pattimura di sana, namun belum membuahkan hasil.
Berikut lokasi diduga tempat temuan objek AirAsia QZ8501:

Pukul 12.59 WIB

Panglima Komando Operasi 1 Jakarta Marsda TNI Dwi Putranto mengaku mendapat informasi bahwa pesawat AP-3C Orion milik Australia mendeteksi sesuatu di perairan di sekitar Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Pesawat Orion juga dilibatkan mencari MH370 yang hingga kini masih misterius.
Tepatnya dari Pangkalan Bun sekitar 100 mil arah barat selatan atau 700 mil dari lokasi terakhir terdeteksi pesawat. (berita bisa dilihat di sini)
Pukul 12.41 WIB
Menko Maritim Indroyono Soesilo menyebut pasukan nelayan juga dikerahkan. Mereka menelusuri kawasan Kalimantan Barat dan Belitung. (berita bisa dilihat di sini)
Pukul 12.00 WIB
Dirut Air Navigation Bambang Tjahjono mengatakan, pesawat AirAsia QZ8501 sempat meminta izin untuk melakukan penyimpangan ke kiri dan meminta naik ke ketinggian 38 ribu kaki untuk menghindari awan badai cumulonimbus. Namun, petugas menara kontrol (ATC) hanya mengizinkan untuk menyimpang ke kiri dan belum mengizinkan untuk naik. Di atas AirAsia ternyata ada pesawat Garuda Indonesia dan 5 pesawat lainnya. (berita bisa dilihat di sini)
Pukul 10.51 WIB
Ketua KNKT Tatang Kurniadi menjawab kemungkinan kenapa Emergency Locater Transmitter (ELT) AirAsia QZ8501 tak memancarkan sinyal darurat.
“Kalau antenanya rusak atau terputus, dia tidak akan terpancar,” jelas Tatang.
Pukul 10.51 WIB
Pilot senior Garuda Indonesia yang kini menjadi salah satu pilot air race, Jeffrey Adrian, menganalisis hilangnya pesawat AirAsia QZ8501. Jeffrey yang punya jam terbang di atas 10.000 jam tersebut mengakui jalur di atas Bangka-Belitung dan Kepulauan Riau rawan muncul awan tebal.
“Diperkirakan setengah perjalanan kehilangan komunikasi, tanpa memberikan peringatan baik radio maupun transponder code, yang semua itu hanya bisa disebabkan oleh sesuatu yang sangat mendadak..,” ujar Adrian
Pukul 10.20 WIB

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menguatkan analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa ada awan cumulonimbus yang cukup tinggi dan luas saat AirAsia QZ8501 hilang kontak. LAPAN mengatakan ada indikasi hujan lebat, petir dan kemungkinan terbentuk es di jalur yang dilewati pesawat berisi 162 orang itu.
“LAPAN menganalisis dengan data satelit cuaca MT Sat, ada indikasi pembentukan awan cumulonimbus menjulang tinggi di wilayah titik hilangnya AirAsia tersebut. Dari analisis model atmosfer terindikasi wilayah hilangnya AirAsia tersebut terjadi hujan lebat sekaligus mengindikasikan wilayah tersebut Cumulonimbus, awan hujan aktif. Kemudian juga ada angin cukup kencang dari barat ke timur. Jadi informasi itu memperkuat hasil dari BMKG tersebut,” jelas Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaluddin saat dihubungi detikcom, Senin (29/12/2014).
Pukul 08.58 WIB
Kepala Basarnas Marsdya TNI F Henry Bambang Sulistyo menduga pesawat tersebut berada di dasar laut. Bila benar, tim SAR butuh bantuan negara lain untuk mengangkut pesawat.
Pukul 08.47 WIB

Dilihat dari situs flightradar24.com, Senin (29/12/2014), pagi ini sudah banyak pesawat yang melintas di wilayah udara Provinsi Bangka-Belitung. Ada juga pesawat jurusan Singapura-Surabaya dari maskapai Singapore Airlines.
Pesawat-pesawat AirAsia juga masih terbang menuju Singapura. Salah satunya AirAsia jurusan Yogyakarta-Singapura dengan nomor penerbangan yang tercatat flightradar24 sebagai AWQ658. AWQ adalah kode lain AirAsia selain QZ.
Pukul 08.15 WIB
Pesawat Hercules TNI AU menyisir perairan Tanjung Pandan hingga Belitung Timur. Heli Bolco juga dikirim ke Teluk Kumai, Kalimantan Tengah. Namun belum ada hasil.
Pukul 08.00 WIB
Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FHB Soelistyo mengatakan, ada dua sasaran pencarian pesawat. Pertama, di selatan Pulau Bangka dan di utara Pulau Bangka, termasuk selat Kalimantan.
Luas area pencarian pertama kurang lebih 129.600 km persegi atau 200 x 200 nautical mile. Area pencarian kedua di utara Pulau Bangka seluas 87.480 km persegi atau 180 x 150 nautical mile.
Pukul 06.00 WIB
Pencarian pesawat kembali dilakukan. Ada 10 kapal, 3 pesawat dan 3 heli yang mencari. Selain itu, ada bantuan tiga kapal perang dari Malaysia dan Singapura. Australia membantu dengan pesawat Orion. Daftar lengkap armada yang dikerahkan bisa dilihat di sini.
Pencarian Pesawat Hari ke-1 Pada Minggu (28/12)
Pukul 07.55 WIB- Pukul 18.00 WIB
Pencarian besar-besaran di sekitar perairan Belitung Timur. Setelah langit gelap, lalu dihentikan sementara. Hingga sore hari, belum ada temuan signifikan dari upaya pencarian.
Pukul 07.55 WIB
Pernyataan DISTRESFA pesawat hilang. Pada tahap INCERFA dan seterusnya Basarnas telah terinformasikan.
Pukul 07.28 WIB
Tindakan yang dilakukan ATC sesuai prosedur maka ATC menyatakan tahap awal pesawat hilang kontak pukul 07.28 WIB. Dinyatakan ALERFA, tahap lanjutan pesawat hilang kontak.
Pukul 07.08 WIB
ATC menyatakan INCERFA (tahap awal pesawat hilang kontak).
Pukul 06.18 WIB
Target hilang dari radar hanya tampak flight plan track. Realisasi ada, plan ada, realisasinya hilang hanya terlihat flight plan track.
Pukul 06.17 WIB
Pesawat tampak di layar radar ATC hanya tampak sinyal ADS-B. Saat itu pesawat hilang kontak dengan ATC.
Pukul 06.16 WIB
Pesawat AirAsia masih terlihat di layar radar
Pukul 06.12 WIB
Pesawat kontak ke ATC Jakarta pada ketinggian FL 320 atau 32 ribu kaki. Berdasarkan kontak AirAsia dengan ATC, pesawat meminta izin menghindari awan di ke arah kiri dari M-635, kemudian meminta naik ke ketinggian 38 ribu kaki.
Pukul 05.36 WIB
Pesawat AirAsia QZ8501 terbang dari Bandara Juanda. Pesawat itu mengangkut 155 orang penumpang dan enam kru.


SENANGPOKER.COM AGEN JUDI POKER DAN DOMINO ONLINE TERPERCAYA INDONESIA